Hansei Membaca 2016

Kacaritakeun

Satu tahun saya adalah 10 bulan, karena baru punya bacaan baru setelah bulan Maret. Entah kenapa waktu itu saya kuat banget tidak segera beli buku di penghujung tahun 2015 buat stok liburan akhir tahun. Dan bisa-bisanya saya sampai molor 2 bulan lebih untuk mengupgrade bacaan baru. Berikut daftar bacaan saya yang tak rakus-rakus amat. Baca lebih lanjut

Iklan

Hansei Membaca 2015 dan Wrap Up

hansei

MEA di depan mata. Sebuah babak baru yang lebih ganas, agresif, dan kompetitif terbuka di segala penjuru pintu baik di batas paling barat hingga timur Indonesia. Semua celah-celah keberbauran hal asing baik dalam ragam sosial budaya maupun aktivitas pasar akan merebak menjadi sebuah gejala nasional yang memiliki dua kemungkinan anggapan : sebagai wabah atau sebagai peluang menguatkan competitive advantage dalam menghadapi pusaran ekonomi global.

Lalu, apa hubunganya artikel blog buku tentang review membaca tahunan ini dengan pernyataan pembuka diatas? Tidak ada.

Saya hanya termenung dengan akhir tahun masehi berbuntut 15 ini. Kalender tempel saya sudah babak belur dicoret-bulat-ceklisi dengan spidol whiteboard hitam. Rasanya waktu berlalu begitu cepat, siang dan malam berganti wajah hingga mencapai titik pamungkas dalam lingkar orbit tahunannya secara perhitungan astronomi. Matahari hari ini adalah cahaya tahun 2016. Tahun dimana saya harus dengan segera mengakhiri status mahasiswa saya. Ini saatnya saya membuat sebuah hansei atas aktivitas membaca saya, meski agak telat :mrgreen: *beribu maaf Baca lebih lanjut

[Wrap-Up] Nonfiction Reading Challenge

gambar : tumblr.com

Pertengahan tahun telah lewat dan kini saatnya saya mendata buku apa saja yang berhasil dibantai selama 6 bulan terakhir ini :mrgreen: Akhirnya, setelah hampir satu bulan tanpa sentuhan mesra (?) dunia virtual, saya pun dapat menenggelamkan diri kembali kepada berbagai challenge membaca. Ya, meski wrap-up ini terbilang telat satu bulan karena ke-sok-sibukkan saya dalam dunia Ka Ka En. Dan tanpa basa-basi-busuk lagi, berikut buku-buku nonfiksi yang sudah saya review : Baca lebih lanjut

Wilujeng Tepang Taun BBI!

Membeli kecap manis teramat

Ke Barat berhari-hari

Ucap selamat mesti dibuat

Meski telat dua hari

anyway :

Surprise!

Selamat ultah BBI ❤ ❤ *teriak pakai toa*

Sudah 4 tahun ya, wuoooo. Moga semakin kece dan cepat tumbuh kembang sehingga member-membernya menjalar di seluruh Indonesia dari rumah terakhir ujung pulau We hingga pelosok Merauke :mrgreen: Saya juga berharap, BBI dengan langkah barunya di usia ke 4, makin menjadi komunitas pecinta buku paling top, makin dikenal, makin diminati, dan semakin banyak membuat orang mencintai buku dan kegiatan membaca sehingga terwujud Indonesia Melek Literasi. Yaayyy!! Dan dengan adanya BBI ini sebagai wadah “pertemuan” antara blogger pemula, blogger expert bahkan blogger penulis, semoga menjadi ajang saling berbagi, bertukar pendapat dan belajar bersama ^^’ –khususnya saya yang masih sangat awam.

Saya baru bergabung dengan BBI—yang kece ini—beberapa bulan lalu sehingga masih lebih sering mengubek-ubek blog member pendahulu untuk mengetahui apa saja yang menjadi kegiatan para blogger yang tergabung di BBI selain membuat posting review buku. Wah…ternyata ada berbagai event seperti Reading Challenge, Baca dan Opini Bareng, dan beberapa tantangan membaca tematis lain. Sebagai pembaca yang tak kenal lelah untuk selalu mencari-cari alasan untuk tidak bersegera menyelesaikan timbunan bacaan, dengan mengikuti beberapa tantangan tersebut (ya, beberapa saja sih…) otomatis membuat saya lebih rajin membaca, terlebih setelah itu saya harus membuat review dari buku yang saya baca itu. Mantap. Semakin terasah-lah daya kritik saya sebagai pembaca sekaligus terasah pula kemampuan menulis—review khususnya—saya (semoga). Memang, kadang akan ditemui titik jenuh dari kegiatan read, review, post-read, review, post itu. Namun, karena banyaknya member BBI apalagi jika terjalin suatu kedekatan antar sesama maka semangat akan kembali meledak. Melihat tetangga sebelah : “Haaaahh…dia udah baca bukunya Musashi sama Taiko?? Gue gak boleh kalah *grin* “. Eh, itu gengsi ya 😛 . Yah, intinya bergabung dengan BBI dan aktif di dalamnya tentu akan membuat kita lebih rajin membaca. Setidaknya mengurangi timbunan daftar baca yang sudah terbengkalai bertahun-tahun karena malas. Tak lupa juga lebih rajin baca Alqur’an—meski tidak termasuk buku yang harus di review ketika selesai dibaca. Masya Allah! Masya Allah!

Selain itu saya juga jadi tahu banyak tentang genre-genre buku fiksi dan lebih sering kepo tentang berbagai novel sehingga sukses membuat wishlist saya selalu bertambah. Ternyata, dunia di belahan dunia buku fiksi tidak sesempit yang saya kira. Ada banyak sekali tema yang tak habis-habis dieksplorasi. Meski kadang berbenturan juga dengan selera baca dan kriteria ideal sebuah karya masing-masing orang. Namun, justru itu akan menambah khazanah baca kita, memperluas perspektif dan sudut pandang kita, dan tentu banyak ilmu yang di dapat.

At last. Saya berharap dengan bergabungnya dalam keluarga besar BBI saya makin kece dan BBI juga semakin lebih kece, dengan event-eventnya, dengan kopdar-kopdarnya, member-membernya, dan semuanya. Wilujeng tepang taun BBI ^^’

Birthday Party Blower

[master post] Lucky No.15 Reading Challenge

Tertarik lagi dengan sebuah RC yang diadakan oleh Mba Astrid di www.perpuskecil.wordpress.com! Begitu banyak godaan challenge apakah sanggup untuk memenuhinya? Kita coba saja. Dari timbunan yang belum saya baca kebetulan banyak diantaranya termasuk dalam kategori di RC ini. Tak usah lama-lama ini dia ke-15 kategorinya :

This challenge will require you to read 15 books (or more) from 15 categoriesbelow. You can combine the books you read with other challenges, but can not use the same book for different categories in this challenge.

Try to match the categories from your TBR piles 🙂 But if you don’t have any suitable books in your TBR – and want to find an excuse to buy a book for this challenge, that’s totally fine too!

  1. Chunky Brick: Grab that book with more than 500 pages that you’d always been afraid to tackle. You know you can do it!
  2. Something New: Just purchased a book lately? Don’t let it buried in your stacks, read it now!
  3. Something Borrowed: Read a book that you borrowed from someone else. Don’t make the owner waiting forever for you to finish it. (Books borrowed from friends, libraries, or even rental places, are allowed)
  4. It’s Been There Forever: Dig your TBR pile and read a book that has been there more than a year. It’s time for you to appreciate it 🙂
  5. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now 😀
  6. Bargain All The Way: Ever buying a book because it’s so cheap you don’t really care about the content? Now it’s time to open the book and find out whether it’s really worth your cents.
  7. Favorite Color: Pick a book from your shelf which has your favorite color for its cover! Is it pink, red or black? You decide.
  8. First Initial: Read a book that has been written by an author whose first initial is the same with you (Example: My name is Astrid, and I can read anything written by Agatha Christie, Aesop, Arthur Conan Doyle, etc)
  9. Super Series: Read one (or more!) books that belong in a series, it can be trilogy, or tetralogy, or anything.
  10. Opposites Attract: Read a book that’s been written by a writer whose gender is different from your own.
  11. Randomly Picked: Ask someone else (a friend, your spouse, even your kids!) to randomly pick a book from your TBR pile. Don’t complain whatever they choose for you, just read it 🙂
  12. Cover Lust: Grab a book from your shelf that you bought because you fell in love with the cover. Is the content as good as the cover?
  13. Who Are You Again?: You’ve never read a book from this author, maybe you haven’t even heard his/her name before. But who knows? Maybe he/she will become your new favorite author!
  14. One Word Only!: Read a book that only has one word for its title (number is allowed as long as it’s only consisted of one word, e.g: 1, 2, 11)
  15. Dream Destination: Read a book that has setting in a place you’ve never visited before – but would like to if you have a chance. Could be real places or even fictional!

 

Lebih lanjut dapat dilihat disini. Mari bantai buku 😀

[master post] Project Baca Buku Cetak

Saya memang lebih senang baca buku cetak sih, dan karena itu RC ini pasti termasuk dalam misi membaca 2015 saya. Berikut rules-nya :

  1. Tentukan target baca buku cetak dalam setahun ini.Saya sih cuma menargetkan membaca 50 buku dalam setahun, gak muluk-muluk lah :mrgreen: Dan karena saya pasti selalu membaca dalam bentuk cetak maka saya menargetkan 100% dari jumlah buku yang saya baca tahun ini dalam format paperback. Jadi saya akan baca sebanyak 50 buah buku cetak di tahun
  2. Harus buku cetak dan ngga boleh e-book. No problem. Kan tujuan project ini memang untuk menghabiskan timbunan paperbacknya 😀 . Genre dan jumlah halaman bebas, baik fiksi ataupun nonfiksi, cerpen ataupun buku bantal, terjemahan maupun import. Komik juga boleh, tapi bukan yang dibaca secara online lho. Asal jangan baca majalah atau tabloid ya.  Apalagi koran…
  3. Tidak harus mereview buku – buku yang telah dibaca. Deal!
  4. Bikin post di blognya tentang project ini, isinya adalah berapa buku cetak yang akan teman – teman baca selama tahun 2015. Kalian ngga perlu ngelist buku apa aja yang mau dibaca, tapi silakan aja jika ingin membuat listnya.
  5. Ga punya blog? Gapapa kok. Bisa bikin shelf khusus untuk project ini di Goodreadsnya atau bikin notes khusus di FB/Tumblr
  6. Biar makin asyik, share juga kemajuan teman – teman dalam Project Baca Buku Cetak ini di sosmed semacam Twitter, Path, Google+, FB, Instagram, dll dsb. Bisa pakai hashtag #BacaBukuCetak .

Beberapa diantara daftar baca ultimate saya :

  1. Muqadimmah – Ibn Khaldun (terj.)
  2. The Mystery of Historical Jesus – Louay Fatoohi (terj.)

Receh untuk Buku 2015

Beli buku dengan uang recehan biar kece, simak peraturannya:

  • Kumpulkan uang receh dari Januari-Desember
  • Jangan dihitung sampai akhir tahun 2015
  • Setelah semua uang terkumpul, belikan buku yang kamu inginkan/bukunya dihadiahkan ke orang lain
  • Kalau mau ikut, bikin posting mengenai challenge ini di blog masing-masing (tidak harus blog buku) kemudian masukkan link dari postingan kamu di mr.linky
  • Pasang banner Receh Untuk Buku 2015

Yosh! Semoga konsisten dengan kegiatan mengumpulkan recehnya 😀