DESTINATION T (TRUE) UNTUK REMAJA

Remaja Berjuta Pesona

Remaja Berjuta Pesona dan bebek

Judul            :  Menjadi Remaja Berjuta Pesona
Genre          :  Nonfiksi/ Islam – motivasi
Penulis        :  Prian Alfan
Penerbit     :  PT Elex Media Komputindo
Cetakan      :  Pertama, 2016
Halaman    :  135 hlm
ISBN              :  978-602-02-8273-2

Masa remaja adalah masa yang diibaratkan dengan bunga yang sedang ranum-ranumnya. Masa remaja juga disebut sebagai masa pencarian jati diri. Makanya, waktu yang dimiliki sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal agar ranum bunga itu tidak gampang layu melainkan membuatnya menjadi luar biasa.

Inilah saatnya remaja mengukir pesonanya dan menjadi remaja berjuta pesona!—Yeah, well, berjuta, that’s not a count by the way. Ini dia saatnya remaja memaksimalkan potensinya untuk membangun pesona yang akan ia gunakan sebagai bekal untuk kesuksesan. Tapi, jangan salah. Remaja berjuta pesona itu berbeda dengan remaja tebar pesona.

“Remaja berjuta pesona maksudnya adalah remaja yang memiliki kepribadian baik, punya talenta, dan bekerja keras demi meraih apa yang diimpikannya. Meski punya banyak hal positif, dia tidak sombong.” (Hlm 20)

“Berbeda dengan remaja tebar pesona, mereka adalah pribadi yang mementingkan penampilan luar daripada isi. Mereka sebenarnya tidak punya pesona apa-apa, atau jikalau ada, sombongnya luar biasa.” (Hlm. 2)

Prian Alfan menyebutnya Destination T (True). Sebuah tujuan yang memiliki jalan berliku nan panjang, dan berdarah-darah. Namun, jalan ini akan membuat si remaja tersebut memancarkan pesonanya, alih-alih tebar pesona. Apa saja sih ciri-ciri remaja yang mengambil Destination T ini? Yang jelas :

“Sebaik-baiknya orang diantara kalian adalah yang kebaikannya selalu diharapkan dan orang-orang merasa aman dari keburukannya….” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Tak hanya pemaparan mengenai pilihan jalan hidup bagi remaja, penulis yang juga pendiri Komunitas Pena Santri ini juga membagi resep ampuh bagaimana menjadi remaja berjuta pesona. Role  mode yang dipilih pun bukan sembarang orang. Mereka adalah sosok-sosok mulia yang memiliki jiwa berislam mantap. Sosok-sosok itu adalah Rasulullah SAW dan para sahabat. Dan tahukah teman? Banyak juga lho diantara pengikut Rasul yang masih remaja. Mereka mendedikasikan diri untuk memperjuangkan tegaknya tauhid sementara masa mudanya dimanfaatkan dalam kebaikan. Tidak seperti kaum remaja kebanyakan sekarang ini yang malah asyik saja dengan kesibukan yang tidak memberatkan timbangan akhirat.

Jadi, yuk! Siap-siap kita berpetualang bersama menempuh Destination T ini dan menjadi remaja—ehem! pribadi aja lah da saya juga udah bukan remaja—berjuta pesona. Yeayy!! Ibnu Qayyim al Jauziyah mengatakan :

“Bila bintang kemauan terbit di malam keberanian, bertepatan pula dengan hadirnya bulan tekad yang bulat, niscaya bumi hati akan terpancar oleh cahaya ilahi”.

Buku tipis yang habis dibaca sekali duduk ini sangat cocok untuk remaja galau yang masih bingung menentukan prioritas. Tapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga masih galau dalam kehidupannya lho. Yeah, let’s called it a quarter-life crisis. Penulis cukup llihai menggunakan bahasa yang me-nyehari-hari sehingga terkesan asyik dibaca dan seolah sedang bercakap-cakap dengan seorang kawan. Penjabaran sederhana dan to the point juga memudahkan pembaca langsung mengetahui hal inti yang hendak disampaikan.

Tapi, saya merasa ada yang aneh dengan buku ini. Bukan apa-apa sih. Cuma saya cari Kata Pengantarnya kok gak ada. Biasanya kan ada di halaman depan, ehh ternyata ada di halaman belakang. Ha ha… hal ini membuat saya merasa di dorong untuk segera menyelami tema bacaan :mrgreen:

Dan Well, though the cover, vector kupu-kupu imut yang menghiasi latar hitam buku, membuat Menjadi Remaja Berjuta Pesona ini memiliki kesan feminin yang cukup kuat. Mungkin ini perasaan saya saja. Tapi, seperti ada penggabungan dua unsur maskulinitas dan femininitas dalam cover ini. Mengingat remaja sasaran buku ini adalah remaja secara umum, cover hitam dan warna merah menyala pada font judul dapat saya lambangkan sebagai kekuatan dan ketegasan laki-laki, sedangkan vector kupu-kupu kawai dapat saya lambangkan sebagai keindahan seorang perempuan. Moahaha…

As a whole, karya Prian Alfan ini mesti kalian baca untuk tahu lebih jauh Destination T yang dimaksud sekaligus memantapkan diri dalam ber-istiqomah di jalan terjal dunia.

Yeayy!!

Iklan

9 thoughts on “DESTINATION T (TRUE) UNTUK REMAJA

  1. Jumal Ahmad berkata:

    Saya pernah membaca buku berbahasa Arab berjudul ‘Uluwwul Himmah’ yang kurang lebih artinya orang orang yang memiliki semangat yang tinggi. Di buku itu ketengahkan berbagai macam profil ulama dahulu yang demikian sungguh sungguh mengerahkan kemampuan untuk berbuat sesuatu untuk agamanya.

    Ibnu Qayyim, Ibnu Taimiyah, Ibnu Hajar Alasqalani, Imam Syafi’i adalah beberapa nama yang bisa menjadi contoh bagi para remaja untuk menggapai cita cita.

    Sekian.

    Disukai oleh 1 orang

    • mulyasaadi berkata:

      Yep betul banget. Mereka adalah sosok ulama yang patut dijadikan teladan kaum remaja. Semangat menuntut ilmu dan beramalnya luar biasa. Tantangan lingkungan/zaman turut membentuk jiwa tahan banting. Terima Kasih sudah menambahkan.

      Suka

  2. mfadel berkata:

    Remaja dengan waktunya yang berharga dan semangatnya yang masih berapi-api, memanfaatkan ini barangkali yang menjadi fokus Mas Priyan. Sepertinya memang buku bagus (y)

    Suka

  3. Jacalyn berkata:

    Thereza comentou em 10 de agosto de 2012 às 17:48. Julia te admiro muito!!Sei que o que vou perguntar não tem nada a ver com o vídeo e com o tuio0tal&#823r;eu queria saber o que vc faz pra ter uma pele tão boa assim usando tanta make? e qual o creme que vc usa para cravos e espinhas? eu não consigo usar minha Studio Fix por dois dias seguidos sem minha pele pipocar de cravos ;/

    Suka

Berkomentarlah !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s