RC/ Event 2016

Beriku Reading challenge yang saya ikuti di tahun 2016—yang entah bisa konsisten atau tidak dalam menjalaninya :

Proyek Baca Buku Perpustakaan

pbbp

  1. Daftarkan diri: NAMA – LINK AKUN MEDIA SOSIAL (Facebook/Twitter/Instagram) YANG MASIH AKTIF DAN BISA DIHUBUNGI. Kalian bisa mendaftar kapan saja selama periode proyek ini yang berlangsung dari tanggal 1 Januari – 30 Desember 2016. Yang punya blog, dipersilakan membuat master post-nya juga.
  2. Pinjam dan baca buku dari perpustakaan di kota kalian.
  3. Share foto buku  + kesan singkat kalian setelah membaca buku tersebut atau link review (kalau kalian mereview bukunya)  di akun media sosial yang didaftarkan. Pastikan label buatan perpustakaannya terlihat di foto sebagai bukti kalau buku tersebut memang dipinjam  dari  perpustakaan.  Jangan lupa  mention Mbak Ira dengan hashtag #pbbp di akun FB nya: Ira Mustika, akun Twitter nya: @irabooklover  atau akun Instagram nya: @irabooklove

Untuk mendaftarkan diri dan melaporkan Wrap Up post-nya sila komentar di Irabooklover  :mrgreen: Ada hadiahnya juga lho…

  • Hablum Minannas – 100 Langkah dalam Hubungan Sosial ( ‘Ali al Hammadi, terj.)

Posting Bareng BBI 2016

Setelah gagal mengikuti Opini Bareng dan Baca Bareng di tahun sebelumnya dengan alasan klise-badai semacam tak ada waktu untuk membaca novel atau tak menemukan novel yang tepat untuk dibaca, kali ini event Divisi  BBI lebih longgar dengan Posting Bareng BBI 2016 –nya. Posting Bareng ini memuat satu tema umum per bulan yang akan menjadi topik penulisannya. Dan tak melulu membuat review atau beropini, namun juga bermacam-macam. Seperti liputan seputar kegiatan buku di tempat tinggal masing-masing atau mengumpulkan foto bertema tertentu yang tentunya lebih asyik dan menantang kreativitas. Posting Bareng tahun ini memang dibuat Divisi Event untuk membantu para member BBI untuk mengisi blog mereka dengan kreatif dan menarik—nggak melulu berisi resensi buku :mrgreen:

Banner Posbar 2016

Tema Posting Bareng 2016 dan hashtag yang dapat digunakan untuk share di media sosial secara lengkap adalah sebagai berikut:

  • Januari      : Buku Secret Santa #BBISecretSanta atau Buku pertama belanja di tahun 2016 #BBIFirstBookshopping
  • Februari        : Valentine’s Day #BBI Valentine’sDay
  • Maret             : Lagi Baca #BBILagiBaca
  • April               : Anak-Anak #BBIChildrenBooks
  • Mei                  : Hari Buku Nasional #BBIHariBukuNasional
  • Juni                 : Bookish Confession #BBIBookishConfession
  • Juli                   : Liburan #BBIHoliday
  • Agustus         : Historical Fiction Indonesia #BBIIndoHisFic
  • September   : Tempat Baca Buku #BBITempatBaca
  • Oktober         : Supernatural #BBISupernatural
  • November     : Baca di Mana Aja #BBIBacaDimanaAja
  • Desember     : Wishlist 2017 #BBIWishlist2017 dan Top Choice #BBITopChoice

Untuk tanggal posbar dan kegiatannya apa saja, Divisi Event akan memposting aturannya satu bulan sebelum bulan kegiatan tersebut.  YOSH! Iku yooo 😀

  • Januari : Review buku Secret Santa 2015

Islamic Translated Book Reading Challenge 2016 (IsTBRC)

Ketentuan buku yang dibaca adalah:

  • Seperti namanya, buku yang dibaca adalah buku-buku agama Islam terjemahan, yaitu yang ditulis oleh penulis luar(bebas negara mana saja) dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Umumnya memang yang banyak diterjemahkan di Indonesia itu yang dari negara-negara Timur Tengah, Arab Saudi, India, bahkan Eropa, misalnya seperti penulis Ibnu Taimiyah, Ibnu Katsir, Syaikh Safiyurrahman al-Mubarakfuri, Syaikh Muhammad bin Utsaimin, dan lain sebagainya. Tidak harus terpaku pada penulis yang disebutkan tadi, bebas, yang penting terjemahan.
  • Genre buku untuk saat ini hanya yang nonfiksi Kategorinya bebas, boleh akidah, fikih, sejarah, motivasi, kisah dan hikmah, dll. Intinya bukan novel atau fiksi.
  • Buku yang dibaca boleh buku cetak maupun dalam format e-book
  • Boleh baca ulang buku yang sudah pernah dibaca asalkan belum pernah menulis reviewnya

Aturan main :

  1. Membuat ulasan/review/resensi buku yang dibaca dan di-posting di media apa saja (bebas), boleh blog, note FB, review goodreads, tumblr, dll, asalkan postingan disetting untuk umum, sehingga yang bukan friend list tetap bisa melihat isinya.
  2. Bagi yang menggunakan blog, harus membuat master post yang menginformasikan keikutsertaan dalam reading challenge ini dan sertakan pula banner RCnya
  3. Setiap ulasan harus menyertakan info bahwa buku yang diulas tersebut diikut sertakan dalam Islamic Translated Book Reading Challenge 2016. Boleh juga mencantumkan link ke postingan master post masing-masing (optional). Intinya supaya orang lain juga mengetahui info Islamic Translated Book Reading Challenge 2016. Syukur-syukur kalau mereka jadi ingin ikut juga.
  4. Like Facebook page Lensa Buku di https://www.facebook.com/lensabukuku/ atau follow twitter @lensabuku

Kriteria Penilaian :

  1. Jumlah buku yang dibaca dan diulas/review. Semakin banyak, semakin bagus. Ketebalan buku juga menjadi pertimbangan. Tentu tak sama antara membaca buku tipis dengan buku tebal/bantal hehe.Cara penulisan review. Review harus mencakup kesan kamu setelah membaca buku tersebut, kelebihan dan kekurangan (kalau ada) dari buku yang dibaca, serta ulas sedikit apa yang dibahas di dalam buku. Tidak harus memakai bahasa baku.
  2. Cantumkan data buku seperti judul aslinya, judul terjemahannya, penulis, penerjemah, penerbit, jumlah halaman dan lain-lain yang dirasa perlu

Setor link review :

Setiap selesai menulis review, setor link review bukunya. Lalu share juga link ulasan tersebut ke salah satu media sosial seperti akun Facebook (dengan mention FP Lensa Buku) atau tweet dengan mention akun @lensabuku dan @evytaar (pilih salah satu saja). Jangan lupa cantumkan hashtag #IsTBRC16.

Daftarkan diri, setor link master post dan setor link review di sini . Ayuk ikut! Ada hadiahnya juga lhoo

Catatan Saya :

Blog ini sebenarnya sedang mengalami setengah versi sehingga saya agak kurang perhatian terhadap keberlangsungan posting kontinyu-nya. Sementara masih dipusingkan dengan tugas dunia nyata, saya akan break dan out dari berbagai challenge sebagaimana saya ulas diatas *sedih. Tapi, saya akan berusaha memposting buku-buku yang sudah saya baca disini. Yahh…masih banyak antrian setoran, belum ditambah buku baru -_-

Wahh… memang saya kurang konsisten. Tapi, ganbatte untuk tahun depan lah. YOSH!

Iklan