Second Heart

Second Heart

Penulis : LunaTorashyngu
Genre : Fiksi/ thriller- politik
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, Januari 2016
Halaman : 352 hlm
ISBN : 978-602-03-2331-2

SMAN 132 dimana Tiara, anak dari presiden Hediyono, presiden RI, bersekolah diserbu para kelompok separatis bernama Neo Indonesian State (NIS). Sebuah organisasi yang bertujuan menggulingkan pemerintah dan menggantinya dengan bentuk pemerintahan idealnya. Tragedi penculikan 6 bulan lalu yang mulai terlupakan di kepala Tiara kembali terkilas. Andra alias Aster, pengawal pribadi Tiara sayangnya sedang sakit saat penyanderaan itu terjadi sehingga setelah bersaha bersembunyi dan mencoba kabur, Tiara akhirnya tertangkap dan digiring ke sebuah ruangan untuk dijadikan sandera.

Di sisi lain, Jatayu, sebuah unit khusus dari Pasukan Pengaman Presiden (PASPAMPRES) yang bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan anak-anak Presiden/ Wakil Presiden yang berusia remaja, mengalami perubahan pimpinan dan restrukturisasi yang membuat Andra tidak nyaman. Kehadiran Cempaka yang menggantikan Ferdi di unit Jatayu menimbulkan berbagai pertanyaan terlebih karena seringnya terjadi perbedaan pikiran dengan Andra.

Sedangkan murid baru di sekolah Tiara yang bernama Rafa turut menyumbang kegelisahan Andra terhadap proses pengawalannya. Ketertarikannya terhadap sejarah dan pola pikirnya membuat Andra mencurigai Rafa ada hubungannya dengan gerakan NIS.

Setelah itu, cerita mengalir ke titik dimana spekulasi yang terbentuk sejak awal terpatahkan sama sekali dan menyumbangkan fakta yang tak terpikirkan.

My Review :

Saya bingung mau review novel ini karena pertama, Second Heart ternyata seri kedua dari Frist Girl dan ternyata-nya lagi masih ada buku lanjutannya dengan judul Thrid Party. Untung ceritanya masih agak nyangkut di kepala mengingat tema novel ini cukup berat, yaitu menyangkut terorisme dan proses pengamanan (keluarga) petinggi negara.

Novel ini menarik karena temanya memang jarang dilirik penulis untuk dijadikan cerita, apalagi dalam jenis teenlit. Biasanya tema berat dikategorikan sebagai novel dewasa. Semacam thriller-thriller-nya Tsugaeda atau Jodhi Giriarso, Jacatra Secret, Koin Terakhir atau Rahasia Meede yang ceritanya sangat serius. Dan Second Heart sendiri memiliki plot yang serius. Mulai dari serangan gerakan separatis ke warga sipil, proses pengamanan tindakan terorisme hingga oknum-oknum pejabat militer yang bermain di belakangnya. Ketiga tema itu membuat novel terkesan sangat “dewasa” dan “sulit dipahami”. Tapi, berhubung tokoh utamanya adalah Tiara—seorang gadis remaja—dan memang genre-nya teenlit, kisah dalam novel ini tak terlalu menunjukkan gaya penceritaan yang rumit dan “pace”nya terkesan cepat. Tapi, justru itu, bagi saya, terlalu cepat. Banyak sekali aksi dalam novel ini yang bagi saya lebih bagus dideskripsikan lebih lanjut hingga kesan “action” atau “thriller” nya terasa 😛

Tapi, secara keseluruhan novel ini kece. Seperti membaca “dunia lain” dan tentunya memberi banyak pengetahuan baru tentang pengamanan orang-orang elit berikut masalah-masalah yang ada di dalamnya :mrgreen:

gambar : goodreads.com

Iklan

Berkomentarlah !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s