[Opini Bareng : Juli] (sedikit) Menyoal Side-kick Character

Pernah membaca buku di mana karakter utama memiliki teman baik? Apakah si teman baik itu berhasil mencuri perhatianmu? Apakah teman baik itu berpengaruh besar pada si tokoh utama?

Cerita dengan tokoh utama yang memiliki teman dekat adalah sangat umum. Banyak diantara karya fiksi yang mengembangkan konfliknya berdasarkan hubungan kedekatan antara tokoh utama dan teman baik atau partner kerjanya. Tapi ada juga beberapa cerita yang memang sengaja menampilkan sosok tokoh utama yang sangat biasa pairing dengan sosok tokoh yang sangat sempurna sebagai seorang tokoh pendamping. Seperti Ore Monogatari misalnya. Ini cerita anti mainstream. Tapi saya belum dapat novel dengan tema beginian :mrgreen:

Side-kick is a close companion who is generally regarded as subordinate to the one he accompanies—Wikipedia

Jadi, kurang lebih side-kick chara itu partner nya si tokoh utama (terjemahan bebas Mulya Saadi)

Istilah side-kick baru saya kenal belum lama ini setelah meniatkan diri untuk sering membaca karya fiksi khususnya ketika berpartisipasi dalam opini bareng BBI ini. Sempat menyelami maknanya, berselancar dalam alam pikiran, kemudian menyortir beberapa buku yang telah saya baca. Namun, karena kurang pengalaman, alhasil tak ada satu pun novel yang sudah saya baca yang memiliki side-kick chara menarik.

Seperti artinya, side-kick adalah sahabat karib. Dalam hal ini, side-kick chara berarti seorang yang sangat dekat dengan tokoh utama. Entah mereka dekat karena pro maupun kontra. Dan apa ukuran kedekatannya itu? Bisa berupa saudara, teman, rekan kerja, hubungan emosional atau profesional bahkan musuh sekalipun. Disebut side-kick karena ia memang berpengaruh besar pada perkembangan tokoh utama dalam cerita.

Betapa Naru sangat mempengaruhi pola pikir Handa yang akhirnya mengubah pandangannya tentang hidup, aheum :mrgreen:

Betapa kesepiannya Garfield tanpa Oddie, meski ia akan sangat jaim di depannya

Seperti itu saja rupanya saya tidak bisa berpanjang-panjang opini dalam hal side-kick chara. Untuk karakter favorit dari novel yang sudah saya baca….hemmm…. sepertinya belum ada. Ya, itu. Karena saya masih jarang membaca novel. Tapi, kalau mau dipaksa-paksain, saya pernah membaca novel Sherlock Holmes, tapi yang bagian ke dua (kalau nonton seri-nya sih sudah). Dan Dr. Watason lah yang menjadi side-kick favorit saya 😀

Betapa tak terpisahkannya mereka berdua 😀

NB : sebelumnya saya minta maaf karena telat posting akibat beberapa urusan

gambar : [zerochan.net, wikipedia.org]

Berkomentarlah !

