[review] Chemistry Matters! Volume 1 ATOM & MOLECULES

Materi Kimia! Vol.1 ATOM DAN MOLEKUL

( tabung reaksi dari oakland.edu)

Penulis      : Tom Jacson, terj. : Didik Hari P., S.S.
Genre        : Nonfiksi/ Ensiklopedia
Penerbit   : Penerbit Pakar Raya
Cetakan    : September 2009
Halaman   : 80 hlm
ISBN         : 978-979-534-515-2

Everybody knows chemistry. Orang kebanyakan akan mengatakan bahwa kimia merupakan ilmu yang berkaitan dengan cairan-cairan berbahaya di laboraturium, senyawa-senyawa rumit, reaksi-reaksi kompleks serta percobaan-percobaan ilmiah yang selalu mengalami trial-eror. Yep, sejauh itu benar. Namun mestinya kimia tak dipandang sedangkal itu. Senjangnya hubungan antara teori dan praktik, praktik dan kenyataan, membuat sebagian orang meyakini bahwa ilmu kimia adalah sesuatu yang rumit dan jauh dari keseharian. Hanya otak-otak dengan kapasitas ilmiah tertentu yang dapat mengakses ilmu kimia.

Sebagai korban buku pelajaran yang membosankan, benar kimia seolah menjadi ilmu yang awang-awang saking dianggap tingginya. Sehingga ada keyakinan bahwa sudahlah ilmu kimia diserahkan saja pada ahlinya, atau pada orang yang mampu mempelajarinya. Seperti ilmu yang sangat jauh dari jangkauan sebelum menguasai beberapa prasyarat, seperti ilmu falak misalnya, atau bahkan angapan percuma-nya memperlajari ilmu yang tidak teraplikaskan sama sekali, seperti ilmu faraidh misalnya :mrgreen:

Sebenarnya seorang awam (termasuk saya) dapat mempelajari kimia secara pribadi dengan mudah dari….ensiklopedi. Buku ensiklopedi dilengkapi dengan ilustrasi berwarna sehingga sedap dipandang juga penjelasannya cukup komprehensif dan prakits membuat pembaca dapat menangkap dengan mudah teori yang dipaparkan dengan prinsip aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Buku terbitan The Brown Reference Group plc yang dialihbahasan oleh Penerbit Pakar Raya ini merupakan ensiklopedi kimia materi volume pertama, yang membahas tentang atom dan molekul.

Sebagaimana disinggung di awal pembahasan, segala sesuatu yang ada di alam ini terdiri dari materi, dan materi tersusun atas atom, jika hanya satu atom saja pembentuknya maka di sebut unsur (misal : karbon, besi, oksigen), dimana ia tidak dapat dibagi lagi. Adapun materi tersusun atas atom-atom sejenis (molekul) dan tidak sejenis yang disebut senyawa. Berikut ilustrasinya (hlm 13) :

Photo0712

Photo0714

Selanjutnya, buku ini membahas struktur sebuah atom (partikel) dan keterkaitannya sehingga ia membentuk reaksi dan ikatan. Terakhir, disinggung pula tentang sifat radioaktivitas unsur dan bahaya radiasi. Buku ini dilengkapi dengan glosarium terkait materi, juga tabel periodik yang terdapat di halaman belakang. Selain itu, buku ini pun memuat informasi mengenai situs-situs kimia yang bermanfaat, yang dapat dijadikan referensi lebih lanjut tentang perkembangan ilmiah khususnya ilmu kimia.

Tentu membaca ensiklopedi hanya bersifat memantik. Rasa penasaran akan bacaan yang lebih serius dan pemahaman mendalam, perlu meluangkan waktu untuk membaca buku-buku teks atau jurnal-jurnal penelitian secara khusus. Ini pilihan. Bagi yang sedang mendalami bidang kimia tentu suatu kewajiban membaca berbagai referensi kimia, yang ilmiah maupun yang populer. Namun bagi pembaca secara umum, membaca ensiklopedi ini, cukup rasanya untuk mengetahui secara umum gambaran ilmu kimia dan prinsip penerapannya di kehidupan sehari-hari.

Iklan

Berkomentarlah !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s