[review] Misteri AEIOU-Serial 3 Sahabat, Buku 1

Misteri AEIOUSerial 3 Sahabat, Buku 1

Penulis      : Kusumastuti
Genre        : Fiksi/Childlit
Penerbit    : Erlangga for Kids
Cetakan     : 2009
Halaman    : 184 hlm
ISBN          :  978-979-033-972-9

Suatu hari Ibu memberi Ade, Rani, dan Gunawan oleh-oleh dari Austria. Sebuah kompas tua berbentuk aneh dan terlihat antik. Katanya itu adalah benda peninggalan ratusan tahun lalu. Penasaran, mereka bertiga pun mengulik detail-detail yang ada pada sang kompas. Mulai dari desain, warna, termasuk tulisan berbunyi AEIOU yang ada pada tiap sisi kompas. Apa makna dari kumpulan 5 huruf vokal itu? Ade dan Rani yang memang menyukai hal berbau sejarah dan detektif pun menyimpulkan sebuah teori bahwa kompas itu kompas antik dan pasti memiliki cerita di baliknya. Tanpa sengaja, Ade berhasil membuka kompas itu. Namun jarumnya bergerak-bergerak dan kian cepat putarannya. Seketika itu pula semburat warna merah keluar melalui bagian tengah kompas hingga akhirnya cahaya menyilaukan itu membawa Ade, Rani, dan Gunawan ke sebuah tempat. Ya, tempat di zaman lain. Abad ke-15 Eropa.

Cerita ini cukup berat menurut saya, karena mengambil cuplikan sejarah sebagai dasar plotnya. Apalagi memang sejarah negara Austria yang khususnya saya sendiri belum tahu banyak. Seorang kaisar bernama Friedrich berselisih dengan Raja Hungaria, Matthias dan Albert VI tentang wilayah kekuasaan. Perang hampir meledak karena perundingan damai sulit disepakati. Sebuah jamuan yang dihadiri oleh Raja Hungaria di puri Linz-nya Friedrich itu tak menghasilkan kesepakatan bahkan jadi memicu konflik berkelanjutan. Ditambah Ade, Rani dan Gunawan yang masuk sebagai salah satu pemain di dalam konflik itu.

Ternyata Raja Matthias itu memiliki motif lain atas kedatangannya ke puri Linz selain ajakan untuk berunding. Ada sebuah legenda yang ia percayai di tanah Austri ini. Sebuah cerita dari mulut ke mulut tentang sebuah harta karun. Ia bermaksud memilikinya. Namun, legenda itu menyebutkan bahwa ada sebuah benda khusus yang menjadi kunci ditemukannya harta karun itu. Raja Matthias yakin bahwa kompas itu lah yang akan menjadi penunjuk jalan menuju kejayaannya. Kompas tua yang dihadiahkan Ibu pada Ade, Rani, dan Gunawan, yang membawa mereka melewati waktu dan kembali ke abad 15 Eropa. Kompas yang kini berada di tangan Ratu Eleanor setelah Rani ketahuan disangka mencuri. Sementara itu Gunawan tak mungkin membiarkan kompas itu jatuh ke tangan siapapun karena ia pikir itu cara yang paling memungkinkan untuk pulang. Berbagai rencana pun disusun di sela-sela perannya dan kekhawatiran timbulnya perang.

Penasaran, baca kelanjutannya di Misteri AEIOU ❤ Fyuuh… Setiap ke perpustakaan, saya selalu melirik-lirik buku bercover hijau ini, tapi entah kenapa tak pernah tertarik untuk membacanya sampai akhir hingga diadakannya sebuah event Reading Children dan Young Adult’s Literature oleh lensabuku.com selama periode 13 hari pertama April ini. Akhirnya saya pun punya alasan untuk membaca buku-buku kategori beginian :mrgreen: Asik sih…lumayan. Menambah khazanah bacaan (jiah…nggaya). SIP. [gambar : goodreads.com]

Iklan

Berkomentarlah !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s