[review] The Physick Book of Deliverance Dane

Penulis : Katherine Howe, penerjemah : Dina Begum | Genre : Thriller -supernatural/paranormal | Penerbit : VioletBooks, Gramedia | Cetakan : 2011 | Halaman : 415 hlm | ISBN : 978-979-081-651-2

Connie Goodwin, seorang mahasiswa pascasarjana lulusan Harvard, atas usulan dosen pengujinya Manning Chilton, perlu meluangkan waktu di musim panas untuk segera menyusun penelitian gelar doktornya. Tapi, setelah ibunya meminta untuk menangani penjualan rumah tua milik neneknya yang berada di sekitar kota Salem, ia tak bisa menolaknya. Dengan setengah hati Connie membereskan rumah yang sudah ditinggal puluhan tahun itu, melihat kondisinya yang sudha bobrok dan tanaman liar tumbuh dimana-mana, Connie pesimis jika masih ada orang yang mau membelinya. Namun tak disangka di sela argumennya tentang rumah tua ini, yang dibiarkan terlantar sehingga hampir tak dikenali sebagai rumah, Connie sedikit kagum akan bentuk bangunannya yang khas dan kuno seperti rumah sebelum tahun 1700-an. Interiornya terasa begitu kekal, seakan tak tersentuh oleh dunia luar sehingga terasa maya.

Semakin jauh Connie menelusuri rumah tua itu, ia menemukan kunci tua . Bersama dengan kunci itu, tersembunyi sepotong perkamen dengan sebuah nama tertulis di dalamnya : Deliverance Dane. Sehingga tak lama dari penemuan itu mengarahkan Connie pada sebuah pencarian untuk mengetahui siapa Deliverance Dane itu dan untuk menemukan kebenaran tentang artefak langka, yaitu sebuah buku ramuan yang didalamnya tertulis pengetahuan pengobatan kuno misterius.

Begitulah kurang lebih yang tertulis di sinopsis buku ini. Selanjutnya, cerita dibawa oleh Connie yang menyelidiki perihal Deliverance Dane, kemudian diseling oleh alur mundur yang menceritakan kasus penyihir di kota Salem. Saya agak gemana-getoh bacanya. Mungkin karena topiknya terlalu “tidak masuk akal” di kepala saya, karena memang juga buku ini saya beli bulan Mei lalu di bazar buku Gramedia. Awalnya Cuma mau lihat-lihat aja, tapi alangkah sayang jika pulang tanpa membawa satupun buku, akhirnya, novel berbau sejarah kota Salem ini (entahlah kota Salem itu dimana, who cares? :mrgreen: ) saya comot secara random. Dan Jreng! Alhasil, baru di bulan ini saya membacanya.

Bisa dibilang agak setengah hati menamatkan novel setebal 415 halaman ini. Topiknya itu lho! Mungkin ada juga beberapa teman-teman pecinta buku (khususnya buku fiksi) yang menilai kepuasaan baca dari segi tema yang diusung oleh sang buku. Saya termasuk di dalamnya. Maka dari itu dengan tegas selalu saya ulang-ulang dalam hati inilah yang bikin gue gak suka novel. Bagi saya yang sudah maniak buku how to atau karya populer, membaca tulisan semacam ini membuat alis saya berkedut. Apalagi sejarah, dan apalaginya lagi sejarah bangsa lain, dan apalaginya lagi-lagi tentang penyihir. Saya kan paling ngeh dengan cerita beginian. (Film sekaliber Harry Potter aja saya belum nonton kok, apalagi baca bukunya 😛 Pernah ditawarin Pak Guru untuk pinjem koleksi Harry Potternya yang versi Inggrisnya gitu. Jah! Jangankan baca, nonton Sherlock Holmes bersubtitel indo aja masih ngap-ngapan :mrgreen: )

Tapi terlepas dari itu, novel ini cukup asyik dibaca. Apalagi pas awal-awal. Disana Connie digambarkan sedang berada pada ketengan sidang tesisnya, di hadapan para penguji yang seolah ingin memakan Connie hidup-hidup. Penulis sangat detail dengan penjabarannya, saya suka. Pembaca seolah diajak berkelana ke alam ketegangan Connie menjawab pertanyaan-pertanyaan para penguji itu. Di sana saya jadi membayangkan bagaimana rasanya ketika Munaqosah nanti 😀

One thought on “[review] The Physick Book of Deliverance Dane

Berkomentarlah !

