[review] Membacalah Agar Dirimu Mulia : Pesan Dari Langit

Membacalah Agar Dirimu Mulia

Penulis     : Hernowo
Genre       : Populer/How To-Membaca
Penerbit   : Mizan Learning Center (MLC)
Cetakan    : I, 2008
Halaman   : 130 hlm
ISBN         : 978-979-3611-6

Membaca akan membuat kita berpikir dalam bentuk yang terbaik. Membaca akan melatih kita untuk bertafakur. Bertafakur adalah berpikir secara sistemtatis, hati-hati, dan mendalam. Membaca akan menghindarkan diri kita dari kegiatan yang asal-asalan dan tidak bertanggung-jawab. Membaca akan menguji seberapa tinggi dan jauh kesungguhan kita dalam memahami dan memecahkan sesuatu.

Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan menggiurkan. Aktivitas yang “sesuatu banget” ini sayangnya hanya dinikmati oleh para pecinta buku. Jadi, kita tidak dapat menyebut pleasure membaca buku merupakan pandangan umum yang tersebar di kalangan manusia. Kegelisahan klise inilah yang membawa Pak Hernowo (yahh…saya kira beliau memang penimbun buku tulen) bergerak dengan “risalah-kecil”nya yang dinamai Membacalah Agar Dirimu Mulia. Saya tersentak dengan judulnya yang sangat kece ini. Yahh…selain kata-kata yang mirip dengan nama saya (he he…edisi membesarkan hati sendiri) juga memiliki sense of marketing yang lumayan tinggi. Provokatif, tanpa mengada-ada.

Hadirnya sebuah buku ini diharapkan banyak menyadarkan masyarakat Indonesia dalam hal budaya baca. Saya setuju. Dengan membangkitkan minat baca terlebih dahulu, disusul dengan teknik, cara membangkitkan kemampuan membaca dan tentu saja kemauan kuat untuk konsisten dengan kegiatan bacanya. Sehingga menghasilkan kegiatan membaca yang memberdayakan, sebagaimana tagline khas Pak Hernowo di setiap bukunya. Membaca yang bukan omong kosong, saya ingatnya.

Buku kecil ini berisi dorongan-dorongan membaca. Kenapa harus membaca, apa manfaat membaca dan bagaimana menyenangkannya membaca. Dibahas pula beberapa teknik dan motivasi-motivasi untuk mempertahankan gairah membaca. Namun, karena sifatnya hanya mengkompori, buku yang lebih mirip surat Yaasiin ini tak terlalu banyak membahas teknik. Dan karenanya, beberapa referensi yang tersemat di beberapa paragraf patut untuk dibaca. Terutama karya-karya lain Pak Hernowo, untuk pemahaman yang paripurna. (Ck! Bahasamu cah…)

Pak Hernowo yang memang berkecimpung dalam hal baca-membaca dan tulis-menulis, tentu layak diberi lima pacco.

            

Empat pacco untuk sang buku dan satu pacco untuk gairah membaca kita (bagi-bagi pacco ya Pak  :mrgreen: ) [gambar : mizanstore.com]

Iklan

One thought on “[review] Membacalah Agar Dirimu Mulia : Pesan Dari Langit

Berkomentarlah !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s