[review] The 9 Golden Habits for Brighter Muslim

The 9 Golden Habits for Brighter Muslim

Penulis : dr. H. Agus Sukaca, M.Kes
Genre : Islam-Panduan
Penerbit : Bunyan
Cetakan : I Februari 2014
Halaman : 266 hlm
ISBN : 978-602-291-015-2

“Anda adalah apa yang Anda lakukan”

Orang lain mengenal Anda berdasarkan apa yang telah sering Anda lakukan sebelumnya. Anda yang telah sering melakukan hal-hal positif dan sedikit melakukan hal-hal negatif, dikenal sebagai orang positif. Begitupun sebaliknya jika Anda sering melakukan hal-hal negatif dan sedikit melakukan hal-hal postif, maka Anda akan dikenal sebagai orang yang negatif. Tentu siapa saja tidak menginnginkannya. Maka untuk menjadi pribadi yang senantiasa melakukan hal-hal positif hendaknya membiasakan diri untuk melakukan tindakan-tindakan positif. Tentu awalnya berat dan tak nyaman, namun begitulah memang manusia ditempa sehingga karakternya mengakar kuat.

The 9 Golden Habits, berbicara perihal kebiasaan-kebiasaan apa saja yang mengantarkan seorang muslim mendapatkan kesuksesan hidup. Tak diragukan lagi bahwa kesuksesan bermula dari konsistensi seseorang untuk menerapkan langkah-langkah yang tepat sebagai senjata untuk meraih kegemilangan di masa depan. Sesungguhnya, apa saja langkah-langkah utama tersebut? Berikut ulasannya :

  • Tertib melaksanakan shalat, baik itu shalat wajib berjama’ah maupun shalat rawatib dan shalat sunnah lainnya.Tentu shalat ini harus dilaksanakan secara konsisten, artinya dalam kualitas yang sesungguhnya—seperti shalat diawal waktu dan berjama’ah.
  • Tertib berpuasa sunnah, selain berpotensi meningkatkan kesehatan puasa sunnah tentu juga sangat berpahala.
  • Tertib zakat, infaq, dan shadaqah, dengan membiasakan diri untuk memberi berarti telah membangun sikap keberlimpahan. Dan perasaan keberlimpahan merupakan fondasi utama orang kaya. Dengan begitu “mental pengemis” tereduksi sedikit demi sedikit.
  • Tertib beradab islami, diantaranya beberap yang diatur meliputi adab berbicara; adab makan; adab tidur; adab berpakaian; adab bersin dan menguap; adab buang hajat; adab terhadap orang tua; adab terhadap rumah; adab terhadap tetangga; adab terhadap masjid; adab berpergian; adab bergaul; adab berjumpa; adab bertamu; adab menerima tamu; adab ketika di dalam majelis dan adab mengejuk orang sakit, dll.
  • Tertib tadarus Alqur’an, membiasakan membaca Alqur’an selain berpahala juga mendatangkan berbagai manfaat. Semakin sering membaca diikuti dengan memahaminya, maka semakin banyak manfaat yang diperoleh. Sebagaimana sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, dari setiap huruf Alqur’an yang dibaca kita mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan berlipat 10 kebaikan. *wow banget gak tuh?
  • Tertib membaca setiap hari, selain banyak menambah wawasan membaca pun bermanfaat untuk mencegah otak kita mengalami kepikunan. Sejarah pun telah membuktikan bahwa budaya baca dapat meningkatkan kemajuan suatu peradaban. Tengok masa-masa kekuasaan Islam di Andalusia dimana perpustkaan-perpustakaan besar berisi ratusan ribu jilid buku berdiri dan menjadi pusat tamadun dunia.
  • Tertib menghadiri pengajian, dengan membiasakannya maka interaksi sesama muslim semakin rekat dan dengan saling membangun kesalehan bersama-sama tercipta atmosfer kehidupan islami.
  • Tertib berjamaah dan berorganisasi, sangat penting untuk dibiasakan karena seseorang yang ingin sukses tentu akan melibatkan orang lain dalam pencapaiannya. Dengan berjemaat, arus-badai apapun insyaallah sulit untuk menaklukannya.
  • Berpikir positif, artinya selalu melihat sesuatu dari sisi baiknya. Adapun setiap kesulitan pasti diikuti oleh kemudahan, bahkan Alqur’an menyebutnya dua kali berturut-turut.

Nah…buku ini sangat menarik. Selain desain covernya yang unik dan eye-catchy, penulisannya juga sederhana dan mudah dipahami. Didalamnya terdapat berbagai kutipan-kutipan baik pepatah, ungkapan tokoh maupun penggalan Alqur’an atau hadist yang memotivasi. Selain itu terdapat juga lembar evaluasi yang bisa digunakan untuk mengukur habit kita. Namun karena buku ini sifatnya panduan, penjelasan yang dipaparkan hanya bersifat umum dan sesuai topik agar mudah untuk diplikaskan.

Sebagai manual seorang muslim, tentunya buku ini layak dijadikan acuan dalam rangka pengokohan karakter. Yaitu melalui pembiasaan 9 habits diatas sebagai pilar-pilar pendukungnya. Dengan mengamalkan kebiasaan tersebut, insyaallah kesuksesan semakin dekat dan tentunya berpahala. Jadi, bagi siapa saja yang mengaku muslim—ah! bukan, siapa saja yang ingin meraih kegemilangan, terapkanlah 9 golden habits!! 😀 [gambar : goodreads.com]

Iklan

One thought on “[review] The 9 Golden Habits for Brighter Muslim

Berkomentarlah !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s